Cara Menanam Durian Unggul Untuk Pemula

Penyuka makanan durian? Jika anda memiliki lahan sendiri, tidak ada salahnya mempraktekkan cara menanam durian unggul agar tidak mengeluarkan banyak uang ketika keinginan untuk makan durian tidak terbendung.

"Cara

Di Indonesia, khususnya di supermarket-supemarket besar, selalu yang dijual adalah durian import. Apabila tag yang dipasang adalah durian montong dari Thailand seolah-olah menjadi jaminan mutu atas kualitasnya.

Pertanyaannya, apakah di Indonesia kita tidak dapat menghasilkan durian varietas unggul?

Cara Menanam Durian Unggul Untuk Pemula

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak pelatihan mengenai cara menanam durian unggul yang dikembangkan oleh berbagai pihak.

Baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah, baik profit maupun non profit. Sebagai gambaran kepada anda yang ingin menanam durian.

Harus anda ketahui bahwa durian ini adalah pohon yang berkembang dengan cara generative.

Sehingga pohon ini akan berkembang biak dengan biji. Namun, seperti pohon generative lainnya, metode pencangkokan atau stek pada batang pohon juga dapat dilakukan.

Jadi jika anda tidak mau repot untuk membudidayakan benih sendiri, tidak ada salahnya menggunakan metode cangkok sebagai cara budidaya durian unggul.

Tentu anda tinggal membeli kepada petani atau tempat yang telah berhasil membiakkan pohon durian tersebut.

Setelah anda mendapatkan bibit yang diinginkan, berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menanam durian :

  1. Durian dapat tumbuh dengan baik pada dataran yang tidak terlalu tinggi. Biasanya untuk daerah-daerah pegunungan mempunyai ketinggian 700 sampai dengan 2500 meter diatas permukaan laut. Adapun durian akan tumbuh di kisaran 800 meter. Sehingga yang paling cocok adalah lereng pegunungan.
  2. Semakin tinggi dataran, biasanya jenis tanah yang banyak dijumpai adalah entisol atau andisol. Dimana jenis tanah ini mudah terkikis oleh air, karena cenderung banyak debunya. Pohon durian lebih cocok dengan tanah yang kuat dan banyak mengandung kandungan tanah liatnya.
  3. Durian tidak terlalu tahan angin dan harus mendapatkan curah hujan c Jika di daerah tersebut lebih banyak kemaraunya, misalnya 3 bulan saja, maka pohon durian daunnya akan terbakar. Jadi dibutuhkan daerah yang sejuk untuk menanam.

Setelah anda mengetahui cara menanam durian unggul, sekarang saatnya anda menentukan dimana lahan yang akan ditanami.